Segudang Manfaat Lidah Buaya

IST/Lidah Buaya

Masyarakat Indonesia sudah sangat kenal dengan lidah buaya. Selain digunakan untuk produk-produk kosmetik, ternyata lidah buaya memiliki kaya manfaat bagi tubuh manusia.

Tanaman berwarna hijau ini, yang yang biasa menjadi hiasan rumah, ternyata memiliki segudang kandungan yang bermanfaat bagi tubuh manusia.

Dilansir dari Medical Newes Today, berikut beberapa manfaat dari lidah buaya:

1. Mengandung senyawa yang menyehatkan

Lidah buaya dikenal sebagai tanaman yang digunakan untuk berbagai macam industri seperti kosmetik, farmasi, dan makanan. Diperkirakan tanaman ini memiliki nilah hari sebanyak 13 miliar dolar secara global setiap tahunnya.

Tanaman dengan daun runcing ini mengandung jaringan berlendir yang menyimpan air, dan ini membuat daun menjadi tebal. Di dalamnya terdapat bahan seperti gel yang dimanfaatkan untuk membuat berbagai produk.

Gel ini mengandung sebagian besar senyawa bioaktif yang bermanfaat di dalam tumbuhan, termasuk vitamin, mineral, asam amino, dan antioksidan.

2. Memiliki sifat antikoksidan dan antibakteri

Antioksidan sangat penting untuk kesehatan. Gel lidah buaya mengandung antioksidan kuat yang termasuk dalam keluarga besar zat yang dikenal sebagai polifenol.

Polifenol ini, bersama dengan beberapa senyawa lain dalam lidah buaya, membantu menghambat pertumbuhan bakteri tertentu yang dapat menyebabkan infeksi pada manusia.

Lidah buaya dikenal karena sifat antibakteri, antivirus, dan antiseptiknya. Hal inilah mengapa lidah buaya dapat membantu menyembuhkan luka dan mengatasi masalah kulit.

3. Mempercepat penyembuhan luka

Lidah buaya dipercaya sebagai obat topikal, yaitu dengan mengoleskannya pada bagian luka. Penelitian menunjukkan bahwa ini adalah pengobatan topikal yang efektif untuk luka bakar.

Studi eksperimental menemukan, lidah buaya dapat mengurangi waktu penyembuhan luka bakar sekitar 9 hari dibandingkan dengan pengobatan konvensional. Ini juga membantu mencegah kemerahan, gatal, dan infeksi.

4. Mengurangi plak gigi

Dalam penelitian obat kumur terhadap 300 orang sehat, peneliti membandingkan 100 persen jus lidah buaya murni dengan bahan obat kumur standar klorheksidin. Setelah 4 hari penggunaan, obat kumur lidah buaya ternyata sama efektifnya dengan klorheksidin dalam mengurangi plak gigi.

Lidah buaya dinilai efektif membunuh bakteri penghasil plak Streptococcus mutans di mulut, serta jamur Candida albicans.

5. Membantu mengatasi sariawan

Penelitian telah menunjukkan bahwa pengobatan lidah buaya dapat mempercepat penyembuhan sariawan. Dalam penelitian 7 hari terhadap 180 orang dengan sariawan, mengoleskan tambalan lidah buaya ke area tersebut efektif dalam mengurangi sariawan.

Dalam penelitian lain, gel lidah buaya tidak hanya mempercepat penyembuhan sariawan, tetapi juga mengurangi rasa sakit yang terkait dengannya.

6. Mengurangi sembelit

Lidah buaya juga bermanfaat mengatasi sembelit. Namun, pada masalah ini bukan gel lidah buaya yang digunakan. Pada bagian ini yang digunakan adalah lateks.

Lateks adalah residu kuning lengket yang ada tepat di bawah kulit daun. Di dalamnya terdapat senyawa yang disebut aloin, atau barbaloin, yang memiliki efek pencahar yang mapan.

Namun, hal ini belum begitu diketahui untuk melawan kondisi pencernaan lainnya dan lateks lidah buaya belum dijual secara bebas.

7. Memperbaiki kulit dan mencegah keriput

Ada beberapa bukti yang menunjukkan, gel lidah buaya dapat memperlambat penuaan kulit.

Dalam sebuah studi tahun 2009 terhadap 30 wanita di atas usia 45 tahun, mengonsumsi gel lidah buaya meningkatkan produksi kolagen dan meningkatkan elastisitas kulit selama periode 90 hari.

Studi ini juga juga menunjukkan, lidah buaya dapat membantu kulit mempertahankan kelembaban dan meningkatkan integritas kulit, yang dapat bermanfaat bagi kondisi kulit kering.

8. Menurunkan kadar gula darah

Beberapa orang menggunakan lidah buaya sebagai obat diabetes. Hal Ini karena lidah buaya dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu meningkatkan manajemen gula darah.

Menurut penelitian menemukan, lidah buaya dapat bermanfaat bagi penderita pradiabetes atau diabetes tipe 2 karena efeknya pada kontrol glikemik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *