Sosok Perempuan yang Inspiratif Raih Penghargaan Kementerian PPPA dan Pemkot Bengkulu

CacamNian.com, Bengkulu – Chairunnisa Al Ghafiqi (24) warga Kelurahan Lempuing, Kecamatan Ratu Agung, Kota Bengkulu meraih penghargaan dari pemerintah kota Bengkulu sebagai Duta Tokoh Perempuan Inspiratif Bengkulu. Penghargaan itu diserahkan oleh Wakil Walikota Bengkulu di Balai Kota pada Jumat (8/1/2021) pagi.

Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi menyebut Chairunnisa Al Ghafiqi atau yang kerap disapa Nisa adalah inspirator Provinsi Bengkulu. Bagaimana tidak, ia berhasil menorehkan prestasi yang mengharumkan Provinsi Bengkulu ditingkat Nasional. Prestasi itu diraih dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, sebagai perempuan inisiator Indonesia “Perempuan Berdaya Indonesia Maju” pada Desember 2020 lalu sebagai duta perempuan inspirator satu satunya dari Provinsi Bengkulu.

“Ya, hari ini kita memberikan penghargaan kepada perempuan hebat atas nama Chairunnisa Al Ghafiqi. Beliau ini adalah perempuan inisiator yang mendapat penghargaan dari Pemerintah Pusat yang aktif dalam kegiatan kemasyarakatan di Kota Bengkulu dengan terus memperjuangkan kesetaraan jender perempuan. Serta tindakan, keberanian dan langkah nyata yang dilakukannya dalam berkontribusi membangun bangsa dan negara. Diantaranya perubahan yang dimulai dari Kota dan Provinsi Bengkulu,” jelas Dedy setelah memberikan penghargaan kepada Chairunnisa, Jumat (8/1/2021) pagi.

Menurut Dedy, perhargaan ia berikan setelah ikut andil memberikan inspirasi bagi generasi muda untuk menerapkan nilai-nilai perjuangan perempuan untuk kemajuan Indonesia masa kini. Serta memberikan pemahaman pada generasi muda (milenial) tentang keberanian dan pengorbanan kaum perempuan dimasa pergerakan kemedekaan Indonesia.

Lanjutnya, pemberian penghargaan sebagai apresiasi terhadap tindakan dan keberanian perempuan inisiator tersebut atas langkah nyata yang dilakukannya dalam berkontribusi membangun bangsa dan negara. Diantaranya perubahan yang dimulai dari daerah masing-masing.

Untuk itu, Dedy berharap, disetiap Kelurahan terdapat sosok perempuan seperti Chairunnisa, semoga pemberian reward ini dapat menginspari perempuan-perempuan lain yang ada di Kota Bengkulu.

“Kita terus memperjuangkan hak perempuan untuk mandiri secara ekonomi, sosial dan budaya. Semoga sosok seperti ini terdapat diseluruh keluarahan di Kota Bengkulu dengan memotivasi dan menginspirasi perempuan-perempuan Indonesia lainnya, khususnya di Kota Bengkulu dalam semua hal,” ungkapnya Dedy.

Sementara Chairunnisa yang mendapat penghargaan itu sempat terkejut, tidak menyangka, senang dan merasa tersanjung menerima penghargaan yang diberikan langsung Wakil Wali Kota Bengkulu, Dedy Wahyudi.

“Saya merasa sangat senang dan tersanjung atas sebuah penghargaan yang diberikan oleh bapak Wakil Wali Kota Bengkulu, Dedy Wahyudi,” ucap Khairunisa.

Gadis yang merupakan remaja aktif diberbagai organisasi sejak sekolah dasar dengan menjadi ketua OSIS hingga tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan juga aktif di berbagai organisasi kemasyarakatan dilingkungan ini pernah menerima penghargaan sebagai duta tokoh perempuan inspiratif Bengkulu dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia dan merupakan satu-satunya perempuan yang mewakili Bengkulu. Selain itu, Khairunisa Alghafiqi ini juga pernah menjadi juara satu pada kejuaraan seni bela diri se Kota Bengkulu.

Setelah mendapat penghargaan dari Pemerintah Pusat, Chairunnisa pun kembali mendapat apresiasi dan reward dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu berupa piagam penghargaan dan uang pembinaan yang langsung diserahkan oleh Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi didampingi Asisten II Zuliyati, Kepala DP3AP2KB Romadon Indosman, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Rosmayetti, Dinas Koperasi dan UMKM Eddyson dan Camat Ratu Agung Subhan Gusti Hendri. [MM]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *