oleh

Dharma Samudera 2021, Pertahankan Kedaulatan Laut Indonesia

CacamNian.com, Bengkulu – Sebuah kebijakan yang patut diapresiasi dari TNI Angkatan Laut di tengah Hari Dharma Samudera, sebuah peringatan untuk mengenang pahlawan pejuang bangsa yang gugur ditengah samudra setiap tanggal 15 Januari.

TNI Angkatan Laut memutuskan fokus membantu Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) dan institusi lainnya dalam melaksanakan SAR jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 tujuan Jakarta-Pontianak dan membatalkan peringatan Hari Dharma Samudera 2021.

Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief menuturkan, apa yang diputuskan oleh TNI Angkatan Laut atas kebijakan pembatalan tersebut merupakan sikap patriot sejati.

“Sebuah operasi kemanusiaan memang jauh lebih penting daripada seratus kegiatan seremonial. Salut buat TNI AL. Selamat Hari Dharma Samudra 2021, semoga TNI AL semakin heroik dalam mempertahankan kedaulatan laut Indonesia,” kata Riri Damayanti.

Semula, seluruh unsur unsur TNI AL berupa Kapal Perang akan dikerahkan dalam mendukung peringatan Hari Dharma Samudera yang akan dilaksanakan di Selat Lampa, Natuna pada hari ini, Jumat (15/1/2021).

“Semoga operasi kemanusiaan yang digelar TNI AL, Basarnas dan institusi lainnya dalam peristiwa jatuhnya pesawat Sriwijaya SJ – 182 tujuan Jakarta-Pontianak bisa berhasil dengan sukses. Jatuhnya pesawat tersebut adalah duka mendalam bagi bangsa Indonesia,” papar Riri Damayanti.

Dalam momen Hari Dharma Samudra 2021 ini, Wakil Bendahara III Ikatan Keluarga Seluma, Manna, Kaur itu menyatakan dukungannya terhadap rencana pembangunan Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut (Lanudal) Bengkulu.

“Lebih cepat lebih baik. Mudah-mudahan bisa segera dimanfaatkan untuk memperkuat pertahanan Bengkulu dan kegiatan-kegiatan lainnya seperti membantu evakuasi atau pengangkutan logistik saat terjadi bencana,” tutur Riri Damayanti.

Alumni Magister Manajemen Universitas Bengkulu itu juga memberikan apresiasi kepada TNI Angkatan Laut yang terus ikut berperan aktif dalam mensukseskan berbagai program pembangunan di Bengkulu.

“Banyak kontribusi positif yang diberikan TNI AL. Contoh kecil saat Pilkada kemarin TNI Angkatan Laut ikut serta dalam pendistribusian logistik Pilkada ke Pulau Enggano,” demikian Riri Damayanti.

Untuk diketahui, setiap tanggal 15 Januari, TNI AL khususnya dan bangsa Indonesia pada umumnya, mengenang pertempuran laut yang paling heroik terjadi di Laut Aru dan kemudian dikenal dengan nama Pertempuran Laut Aru.

Peristiwan tersebut meneggelamkan lalu menewaskan Komodor Yos Sudarso dan sebagian besar ABK kapal RI Macan Tutul akibat serbuan dua kapal distroyer dan pesawat tempur Belanda. [M]

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed