Empat Manfaat Vaksinasi

Ilustrasi

Pada dasarnya orang dewasa juga sangat membutuhkan vaksinasi untuk melindungi diri dari serangan jenis suatu penyakit yang diakibatkan infeksi. Seperti yang dilakukan kepada bayi dan anak-anak, vaksinasi yang diberikan kepada orang dewasa juga memiliki tahapan atau pengulangan tiap beberapa periode tertentu yang telah ditetapkan sesuai anjuran para ahli.

Vaksinasi sendiri memang termasuk dalam bagian imunisasi aktif yaitu proses penyuntikan vaksin yang berisi mikroorganisme suatu virus penyebab penyakit yang sudah dilemahkan atau dimatikan ke dalam tubuh seseorang. Terkadang juga vaksin yang disuntikan berisi protein buatan yang mirip dengan mikroorganisme virus penyebab penyakit tersebut. Vaksin ini sengaja dikembangkan untuk merangsang sistem kekebalan tubuh dalam memproduksi antibodi.

Dalam artian ketika suatu hari Anda terjangkit virus penyakit tersebut, tubuh Anda telah siap menangkapnya dan Anda terhindar dari serangan penyakit tersebut. Pemberian vaksin tidak hanya bermanfaat untuk bayi dan anak, pada kalangan orang dewasa pemberian vaksin juga memiliki banyak manfaat. Agar Anda mengetahui apa saja manfaat pemberian vaksin untuk orang dewasa, berikut ini telah dijelaskan beberapa manfaatnya.

4 Manfaat Vaksinasi untuk Orang Dewasa

Seperti yang dikemukakan oleh dr. Jane Jane Soepardi, MPH, yang merupakan pakar imunisasi. Beliau mengatakan bahwa vaksin sangat berguna untuk mencegah berbagai penyakit menular berbahaya. Maka dari itu, masyarakat diharapkan bisa melakukan vaksinasi untuk kesehatan jangka panjang. Inilah berbagai manfaat vaksin untuk orang dewasa:

  1. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Pemberian vaksin untuk orang dewasa sangat berguna dalam menciptakan sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat dan tidak mudah terjangkit suatu infeksi yang dapat menyebabkan penyakit tertentu. Vaksin yang ada di dalam tubuh akan meningkatkan dan membentuk antibodi yang dapat melawan suatu jenis bibit penyakit sehingga kondisi kesehatan seseorang bisa lebih terjamin karena tubuh mampu memproduksi sistem imunitas yang dapat mengalahkan virus penyakit tersebut.

  1. Melindungi Seseorang dari Risiko Cacat dan Kematian

Manfaat pemberian vaksin kepada orang dewasa selanjutnya yaitu dapat melindungi seseorang dari risiko terjadinya cacat dan kematian. Ambil saja salah satu contoh dari vaksin polio, pada seseorang yang telah diberikan suntikan vaksin polio memiliki kemungkinan terjangkit penyakit tersebut sangat kecil sekitar 5 hingga 10 persen saja.

Oleh karena itu, orang tersebut akan terlindung dari resiko cacat yang akan ditimbulkan oleh penyakit polio yaitu kelumpuhan permanen hingga risiko kematian. Penyakit ini termasuk penyakit yang dapat menular dan disebabkan oleh infeksi virus.

  1. Mencegah Penyebaran Penyakit

Pada umumnya penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dapat menular sehingga cukup membahayakan kesehatan orang banyak jika tidak dilakukan upaya pencegahan. Upaya pencegahan salah satunya yaitu dengan melakukan pemberian vaksin kepada orang-orang agar memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat dalam menangkal bibit virus penyebab penyakit infeksi seperti polio, campak, tuberkulosis, difteri dan lain-lain.

Salah satunya juga yaitu virus Corona, dengan melakukan vaksinasi juga dapat menurunkan angka penyebaran virus Corona yang hingga kini sulit dikendalikan yang semakin hari tidak kunjung reda. Oleh karena itu, melakukan vaksinasi terhadap diri sendiri merupakan cara yang tepat untuk melindungi diri dari suatu jenis penyakit infeksi.

  1. Melindungi Diri dan Orang Disekitar Anda

Melakukan vaksinasi terhadap diri Anda sendiri tidak hanya memberikan manfaat pada kondisi kesehatan tubuh Anda saja. Namun, disisi lain Anda juga turut menjaga kesehatan tubuh orang lain yang ada di sekitar Anda. Kondisi ini terjadi karena vaksinasi dapat menghambat penularan suatu penyakit sehingga orang disekitar kita dan Anda sendiri akan lebih aman dari gangguan penyakit tertentu.

Itulah beberapa manfaat pemberian vaksin kepada orang dewasa yang telah Anda ketahui. Pemberian vaksin untuk orang dewasa memang sangat dibutuhkan apalagi pada kondisi pandemi Covid-19 yang kian hari semakin sulit dikendalikan. Namun, sayangnya hingga kini kesadaran masyarakat akan vaksinasi virus Corona kurang baik karena kebanyakan dari mereka khawatir akan efek samping dan keamanan dari vaksin virus tersebut.

Jika Anda salah satunya, sebaiknya buanglah jauh-jauh prasangka tersebut. Untuk membuktikan kebenaran dan fakta tentang jenis-jenis vaksin, Anda dapat membuka aplikasi Halodoc untuk mengetahui informasi seputar jenis vaksin yang ingin diketahui. Bagi Anda yang tinggal di Jakarta juga bisa mendapatkan informasi lokasi vaksin Jakarta dari aplikasi Halodoc.

Anda juga dapat melakukan konsultasi melalui aplikasi Halodoc dengan para dokter dengan kredibilitas yang bagus. Tidak hanya itu, bagi Anda yang ingin melakukan vaksinasi terhadap suatu jenis penyakit tertentu seperti vaksin influenza, DPT, hepatitis B, HPV atau yang lainnya, Halodoc akan memberikan informasi terlengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *