Bebaskan Bengkulu dari Sampah

CacamNian.com, Bengkulu – Walikota Bengkulu Helmi Hasan mengaku sedih dan prihatin setelah melihat video aksi ibu rumah tangga (IRT) yang membuang sampah sembarangan di pantai panjang Kota Bengkulu, Minggu (24/01/2021). Video IRT ini pun viral di media sosial (medsos) dan menuai beberapa komentar negatif atas perilakunya tersebut.

“Kebersihan kota ini tergantung dengan masing-masing kita sebagai warga Kota Bengkulu. Kalau cuma mengandalkan Dinas Kebersihan tentu sedikit susah apa lagi dengan adanya oknum-oknum yang tak taat peraturan dengan membuang sampah sembarangan. Oleh karena itu, saya ucapkan terimakasih terhadap warga yang telah memvideokan, ini dspat dijadikan pelajaran untuk ke depannya,” ujar Helmi saat diwawancara, Senin (25/01/2021).

Helmi pun menegaskan aksi membuang sampah di laut tersebut melanggar peraturan daerah (Perda) dan tidak boleh dilakukan dengan sengaja membuang sampah di laut. Jadi, Helmi mengajak warga apabila melihat dan menemukan oknum yang membuang sampah sembarangan agar memvideokan aksinya dan memviralkan sebagai sanksi sosial agar mereka jera.

“Kalau misal melihat atau menemukan oknum membuang sampah sembarangan, tolong divideokan saja, agar mereka berhenti melakukan aksinya tersebut yang mencemari lingkungan,” jelas Helmi.

Untuk diketahui, kebersihan merupakan sebagian dari iman. Jadi marilah kita gaungkan kepada warga untuk menjaga kebersihan dan mengimbau agar tidak membuang sampah sembarangan dan juga mengajarkan manusia untuk menjaga kebersihan fisik atau lingkungan.

Hal senada juga diungkapkan Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi, ia juga mengajak warga videokan orang yang buang sampah sembarangan lalu diviralkan. Karena membuang sampah di laut atau tidak pada tempatnya tentu melanggar perda dan bila perlu diberikan sanksi.

“Ini adalah tantangan kita, marii, permasalahan sampah ini bukan hanya tugas pemerintah melainkan tugas kita bersama bagaimana untuk disiplin dan membuang sampah pada tempatnya, bukan buang sampah di siring ataupun di laut. Mari semua masyarakat Kota Bengkulu kita ciptakan Kota Bengkulu yang bersih, indah dan nyaman serta beradap dalam membuang sampah,” tutur Dedy. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *