Kiprah Senator Riri Suarakan Aspirasi Bengkulu ke Pusat

Hj Riri Damayanti John Latief

CacamNian.com, Bengkulu – Nama Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief mungkin tak asing lagi bagi sebagian besar masyarakat Provinsi Bengkulu.

Ia adalah anggota DPD RI termuda di Indonesia ketika memperoleh 87.541 s uara dalam pemilihan umum (pemilu) 2014. Pada pemilu 2019 ia kembali diamanahkan dengan peningkatan suara mencapai 123.934 suara

Dalam menjalankan amanah, Alumni Magister Manajemen di Universitas Bengkulu itu telah menyampaikan ratusan suara Bengkulu di berbagai bidang. Semua terarsip dengan rapi di berbagai media massa.

Pembangunan infrastruktur jalan tol, pengembangan bandar udara, bedah rumah, pengembangan Pulau Enggano, bantuan untuk UMKM, penanganan banjir, pengentasan gizi buruk, bantuan alat pertanian untuk kelompok petani maupun nelayan dan sebagainya adalah sedikit aspirasi yang telah lama disuarakan Riri Damayanti.

Tidak sedikit aspirasi-aspirasi tersebut yang didengar dan direalisasikan. Sedikit contoh jalan tol, bedah rumah, rumah nelayan, bantuan alat pertanian, bantuan untuk balita dalam mengentaskan gizi buruk dan lain sebagainya.

Adapun yang belum bukan karena aspirasi tersebut tidak diterima, namun karena beberapa faktor krusial seperti persyaratan administratif yang kewenangannya diluar otoritas DPD RI.

Dalam berbagai rapat bersama menteri-menteri, Hj Riri Damayanti John Latief selalu menyampaikan aspirasi Bengkulu yang bersifat mendesak, penting dan benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat.

Dua tahun sebelum Monumen Fatmawati di Simpang Lima Ratu Samban Kota Bengkulu diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 5 Februari 2020, Hj Riri Damayanti John Latief telah menggelar rapat bersama Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan di Jakarta.

Di tengah-tengah bencana alam yang menerpa Bumi Rafflesia, Wakil Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bengkulu itu senantiasa menggalang bantuan bahkan berusaha hadir langsung memberikan bantuan kepada korban.

Telah menggalang ratusan kerjasama dengan berbagai komunitas/kelompok di Bengkulu, Hj Riri Damayanti John Latief terus berupaya membumikan nilai-nilai kebangsaan di tengah-tengah masyarakat dengan cara-cara unik dan menarik.

Dengan berbagai kiprah tersebut, wajar kiranya presiden dan banyak menteri yang mengapresiasi kinerja DPD sebagai kinerja yang sungguh-sungguh, aspirasi-aspirasi yang ada diserap secara langsung, bernilai penting dan betul-betul mendasar sebagai acuan pengambilan kebijakan bagi kemajuan Republik Indonesia.

Rudi Nurdiansyah, Institute Bengkulu Adil Makmur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *