oleh

Tekan Remaja Curanmor, Senator Riri Perjuangkan Lewat Regulasi

Ilustrasi.

CacamNian.com, Bengkulu – Seorang remaja berinisial DJ (16) menjadi buronan kepolisian. Warga Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu ini masuk ke dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) atas kasus dugaan pencurian sepeda motor (curanmor).

Pelaku diduga mencuri sepeda motor merek Honda Blade milik warga di Kecamatan Pino Raya, Kabupaten Bengkulu Selatan. Pencurian itu terjadi pada Jumat 9 Oktober 2020.

Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief menuturkan, pandemi covid-19 membawa dampak sosial ekonomi yang merubah nilai dan norma masyarakat sehingga tak jarang menghadirkan suasana ketakutan dan ketidakpastian.

“Ada kebiasaan-kebiasaan yang berubah, ada kelakuan-kelakuan baru yang muncul seiring ancaman virus-virus berbahaya. Kasus kriminal, gangguan kesehatan jiwa, dan motif-motif lainnya adalah dampak bawaan selama masa pandemi covid-19,” kata Riri Damayanti, Jumat (19/2/2021).

Alumni Psikologi Universitas Indonesia ini mengatakan, kasus-kasus kekerasan harus dipandang dari dua sisi internal dan eksternal. Sisi internal, lanjutnya, masalah kepribadian dan sisi eksternal mengenai lingkungan sosial di tengah-tengah keluarga, pasangan maupun teman.

“Ini harus segera disiasati. DPD akan berjuang lewat regulasi agar nilai-nilai persahabatan, kasih sayang, cinta dan saling pengertian bisa kembali dibangun di tengah-tengah masyarakat melalui ekonomi yang tangguh dan mandiri. Jangan sampai sifat-sifat kebencian, kemarahan, kekerasan bahkan kekajaman terus terjadi di era pandemi,” ungkap Riri Damayanti.

Kabid Humas Polda Bengkulu Kombes Pol Sudarno menjelaskan kronologinya. Berawal dari sepeda motor korban yang diparkir depan rumahnya dalam kondisi tidak dikunci stang. Parahnya, motor korban hanya menggunakan kunci sambungan kabel.

“Korban yang baru pulang dari salah acara pesta pernikahan langsung tidur dan keesokan harinya baru sadar, motornya telah hilang,” kata Sudarno, Kamsi (18/2/2021).

Kemudian, korban yang tak terima motornya hilang langsung melaporkan kejadian itu ke Polisi. Setelah dilakukan penyelidikan, ternyat motor itu diambil pelaku DJ.

“Setelah empat bulan buron, pelaku akhirnya ditangkap,” katanya.

Pelaku ditangkap saat berada di rumah orang tuanya. “Saat ini DJ telah diamankan di Mapolres Bengkulu Selatan dan saat ini terduga sedang dalam pemeriksaan,” katanya. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed