Selamatkan UMKM Indonesia

Hj Riri Damayanti John Latief

CacamNian.com, Bengkulu – Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief menyatakan dukungan penuh atas upaya Presiden Joko Widodo menyelamatkan UMKM dengan mengajak masyarakat Indonesia membenci produk asing.

“Ini semangat yang bagus dan saya yakin lahir dari kerisauan beliau yang tidak ingin Indonesia hanya dijadikan sebagai pasar semata. Saya dukung dan saya mengajak semua konstituen untuk ikut mendukung. Jangan sampai UMKM Indonesia menjadi korban dalam praktik-praktik perdagangan yang merugikan,” kata Hj Riri Damayanti John Latief, Rabu .

Bersama rekan-rekannya, Wakil Ketua Umum BPD HIPMI Provinsi Bengkulu itu telah menggaungkan kampanye beli dan gunakan produk dalam negeri sebagai wujud dukungan kepada UMKM Indonesia yang banyak mengalami penurunan penjualan karena dampak pandemi covid-19 sehingga masyarakat terdorong membeli produk lokal.

“Pemerintah daerah bisa menyambut seruan ini dengan menekan agar setiap pusat-pusat perbelanjaan memberikan tempat yang paling bagus atas produk-produk UMKM ketimbang produk asing dan menyerukan agar seluruh ASN menggunakan produk dalam negeri. Di Bengkulu, ritel modern begitu banyak,” ungkap Hj Riri Damayanti John Latief.

Kepada pemerintah, Wakil Bendahara III Ikatan Keluarga Seluma, Manna, Kaur (SEMAKU) ini berharap proses alih teknologi di semua industri dapat dipercepat untuk melayani kepentingan bangsa dan mendukung kegiatan bisnis masyarakatnya.

“Sudah saatnya Indonesia menjahit semua jaringan UMKM yang ada dalam sebuah pasar nasional dan global dengan menjaga kedaulatan dan kemandirian bangsa. Jadi dampak pandemi ini tidak perlu ditangisi, tatap hari depan dengan optimis,” ajak Hj Riri Damayanti John Latief.

Alumni Magister Manajemen Universitas Bengkulu ini menambahkan, saat ini teknologi semakin memegang peran kunci, terlebih saat pandemi covid-19 melanda dunia dimana aktivitas ekonomi online melonjak menggantikan aktivitas offline.

“Tidak sedikit yang mengalami kebangkrutan akibat pandemi, tapi disatu sisi muncul banyak pemain baru dengan modal yang sedikit tapi mampu melesat terutama mereka yang sudah menguasai dunia digital. Mudah-mudahan seruan presiden untuk membenci produk asing bisa diikuti dengan kebijakan-kebijakan lainnya yang mendukung pertumbuhan UMKM Indonesia,” demikian Hj Riri Damayanti John Latief.

Sebelumnya, seruan Presiden bermula saat ia menyampaikan dalam Rapat Kerja Nasional Kementerian Perdagangan di Istana Negara Jakarta perlunya ajakan untuk mencintai produk-produk Indonesia dan membenci produk-produk dari luar negeri.

Pernyataan itu ia sampaikan setelah mengetahui adanya ketidakberpihakan kepada produk lokal UMKM dalam praktik di pusat perbelanjaan maupun perdagangan digital.

Presiden kemudian menegaskan kembali hal tersebut dalam Pembukaan Rapat Kerja Nasional XVII Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Tahun 2021 di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (5/3/2021).

Menurut Jokowi, adanya praktik-praktik predatory pricing bisa membunuh usaha-usaha kecil. Kementerian Perdagangan kemudian merespon pernyataan presiden dengan menyiapkan regulasi untuk menertibkan aktivitas perdagangan digital. [M]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *