Duka Gempa Jatim

Gempa
Ilustrasi gempa.

CacamNian.com, Akibat gempabumi yang mengguncang Jawa Timur pada Sabtu (10/4/2021) dengan kekuatan magnitudo 6,1 SR mengakibatkan 8 orang meninggal dunia.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat terdapat 36 orang yang mengalami luka ringan, dan 3 orang mengalami luka sedang hingga berat.

Korban meninggal dunia itu tercatat di wilayah Kabupaten Lumajang 5 orang dan Kabupaten Malang 3 orang.

Sementara itu, banyak laporan mengenai bangunan yang rusak akibat gempa tersebut.

Tercatat ada 1.189 rumah yang dilaporkan mengalami kerusakan, dengan kategori rusak ringan hingga berat.

Rinciannya, rumah rusak berat (RB) 85 unit, rusak sedang (RS) 250 dan rusak ringan (RR) 854.

Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief mengucapkan belasungkawa atas kejadian tersebut.

“Saya mengucapkan bela sungkawa. Semoga keluarga yang tinggal bisa tabah menghadapi musibah ini. Dan yang luka-luka semoga cepat pulih kembali,” kata riri. Senin (12/4/2021).

Wakil Bendahara III Ikatan Keluarga Seluma, Manna, Kaur ini mengingatkan kepada masyarakat Provinsi Bengkulu, untuk terus meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana.

Kakak Pembina Duta Generasi Berencana (GenRe) BKKBN Provinsi Bengkulu ini berharap, Bengkulu harus benar-benar siap melakukan langkah-langkah antisipasi karena akan membawa konsekuensi serius bagi masyarakat.

Wakil Ketua Bidang OPK BKMT Dewan Masjid Indonesia Provinsi Bengkulu ini menyebut, kelompok yang paling terpukul dalam sebuah bencana adalah mereka yang hidup paling miskin, anak-anak yatim dan para janda.

“Saya minta kementerian terkait bikin kebijakan khusus untuk mereka yang hidup paling rentan agar mereka dapat beradaptasi dari sekarang atau kalau tidak berarti akan ada banyak korban jiwa bila bencana alam atau non alam melanda,” kata Riri Damayanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *