Bangun Rumah Produksi Jeruk Gerga

CacamNian.com, Bengkulu – Jeruk Gerga yang sudah masuk ke pasar modern seperti di wilayah DKI dan Surabaya itu perlu untuk dikembangkan. Hal itu sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan tani dan meningkatkan PAD.

Anggota Komite II DPD RI Hj Riri Damayanti John Latief mengatakan, komuditas jeruk gerga tersebut yang sudah masuk pasar-pasar modern perlu didukung oleh pemerintah daerah dan masyarakat luas.

“Jeruk Gerga ini perlu dukungan dari pemerintah daerah, agar komuditas ini menjadi keunggulan dan produk khas Bengkulu,” ungkap Riri Damayanti, Jumat (16/4/2021).

Ketua Umum Pemuda Jang Pat Petulai ini menilai, untuk mengurangi angka pengangguran dan tampung pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Bengkulu, perlu membangun sebuah rumah produksi jeruk Gerga.

“Bila sektor tersebut dikembangkan secara maksimal, maka bukan tidak mungkin akan membuat ekonomi di daerah yang menerapkannya akan meningkat drastis dan tahan terhadap gempuran pandemi Covid-19,” ujarnya.

Sementara saat ini, Pemerintah Kabupaten Lebong yang telah ingin menginisiasi rumah produksi jeruk gerga. 421Bupati Lebong Kopli Ansori menyebut, rumah produksi akan dibangun di tahun 2021 ini.

Menurutnya, ini merupakan salah satu upaya Pemkab Lebong untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Karena dapat menyerap tenaga kerja, terutama masyarakat yang berada di sekitar rumah produksi.

“Itu yang ingin kita lakukan, meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Untuk pembangunan sendiri, informaasi terakhir sudah masuk dalam proses lelang, sehingga ditargetkan akhir tahun 2021 mendatang, rumah produksi telah selesai dibangun dan di akhir tahun 2021 atau awal tahun 2022, rumah produksi sidah bisa dioperasikan.

“Hasil produksi nantinya bersumber dari heruk Gerga, bisa itu bentuk minuman kemasan atau makanan,” tuturnya.

Dari hasil produk rumah produksi jeruk Gerga, nantinya akan ditampung Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disprindagkop dan UKM) Lebong, selanjutnya untuk pemasaran sudah ada pihak yang menjadi relasi dalam melakukan pemasarannya.

“Semua sudah siap, tinggal membangun rumah produksi dan tinggal mau dibuat apa yang bahannya dari jeruk Gerga ini,” tegasnya.  (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *