Ekspor Produk Pertanian Meningkat, Bantu Proses Pemulihan Ekonomi Nasional

CacamNian.com, Jakarta – Ekspor pertanian pada Maret 2021 mengalami pertumbuhan positif.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan ekspor pertanian Indonesia pada Maret 2021 meningkat hingga dua digit.

BPS mencatat nilai ekspor pertanian mencapai 0,39 miliar dollar AS, atau meningkat 27,06 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

Anggota Komite II DPD RI Hj Riri Damayanti John Latief mengapresiasi peningkatan ekspor pertanian tersersebut.

“Ini hal yang bagus, dan patut diapresiasi. Saya harap ini peningkatan ekspor itu terus meningkat, kementerian terkait harus lebih mendorong program-program untuk meningkatan ekspor pertanian dan mengoptimalkan seluruh potensi yang ada dalam negeri,” kata Riri.

Wakil Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bengkulu ini berharap, peningkatan ekspor dapat membantu proses pemulihan ekonomi nasional.

“Pertanian kita sangatlah besar, tanahnya pun subur. Produksi ini harus benar ditingkatkan sehingga swasembada pangan dan tidak ada impor-impor lagi di tahun baru ini ataupun berikutnya,” ungkapnya

Perlu diketahui, dibandingkan Maret 2020, ekspor pertanian tumbuh sebesar 25,04 persen. Beberapa produk pertanian yang naik cukup besar secara tahunan yakni tanaman obat aromatik dan rempah-rempah, serta sarang burung walet. Secara keseluruhan, kinerja ekspor Indonesia memang menggembirakan.

Ekspor Maret tercatat sebesar 18,35 miliar dollar AS sedangkan pada bulan sebelumnya ekspor hanya 15,26 miliar dollar AS.

“Jadi kalau kita bandingkan angka ini dari bulan ke bulan, pertumbuhannya adalah 20,31 persen,” kata Kepala BPS Suhariyanto dalam keterangan resminya.

Sementara itu, Kepala Biro Humas dan informasi Publik Kementerian Pertanian (Kementan) Kuntoro Boga Andri menyebutkan Kementan terus berupaya untuk mendorong akselerasi ekspor pertanian.

Sebagai upaya akselerasi ekspor pertanian, Boga menyebutkan Kementan turut melakukan pendampingan di lapangan dan membuka akses pasar. Kementan pun bekerja sama dengan kementerian/lembaga lain dalam memfasilitasi para eksportir dari hulu hingga hilir.

“Seperti yang sudah diungkapkan Pak Menteri Pertanian (Syahrul Yasin Limpo), peningkatan ekspor pertanian memiliki peran penting dalam mengentaskan kemiskinan, terutama kalangan petani. Untuk itu, kami siap untuk menggelar karpet merah untuk eksportir sehingga ekspor pertanian kita bisa terus meningkat,” ucapnya. (*)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *