Perketat Kesehatan Ternak

Ilustrasi.

CacamNian.com, Bengkulu – Sebanyak 50 ekor sapi mati selama Januari hingga Februari 2021 di Kabupaten Mukomuko akibat terserang virus jembrana.

Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief mengatakan, untuk menghindari virus jembrana menular ke ternak-ternak lainnya, pemerintah perlu mengadakan vaksinasi gratis.

“Banyak warga yang cemas. Karena berdasarkan pengalaman yang sudah-sudah, banyak ternak warga yang mati karena virus tersebut. Di tengah pandemi covid-19, virus ini bisa semakin membuat susah kehidupan peternak,” kata Riri Damayanti.

Wakil Ketua Umum BPD HIPMI Provinsi Bengkulu ini berharap pemerintah daerah memperketat pengawasan kesehatan secara ketat dan mengontrol lalu lintas hewan di dalam wilayah yang terinfeksi.

“Saya yakin pemerintah daerah dengan vaksin yang sudah tersedia akan dan telah menyalurkannya kepada peternak yang membutuhkan. Tapi sebagai langkah antisipasi para peternak penting untuk sering-sering diingatkan agar segara melapor kalau ada gejala virus jembrana pada sapinya,” ungkap Riri Damayanti.

Mukomuko Vaksinasi Jembrana Gratis

Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan sampai sekarang masih tetap menggratiskan biaya penyuntikan vaksin untuk mencegah virus jembarana pada ternak sapi setempat.

“Masih gratis, tidak ada penarikan biaya sepeserpun terhadap masyarakat yang membutuhkan vaksin untuk mencegah virus jembrana pada sapinya,” kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Warsiman

Ia mengatakan petugas peternakan lapangan dan pusat kesehatan hewan aktif melakukan penyuntikan vaksin untuk mencegah penyakit jembrana pada sapi milik warga setempat.

Ia mengatakan pemerintah setempat yang membantu biaya operasional untuk petugas peternakan dan kesehatan hewan yang melakukan penyuntikan vaksin untuk mencegah penyakit jembrana pada sapi.

“Kalau operasional petugas peternakan lapangan dibantu dari perjalanan dinas. KIta ada dana operasional untuk petugas yang melaksanakan kegiatan vaksinasi ke sejumlah kelompok tani di daerah ini,” ujarnya pula.

Terkait dengan pelayanana vaksinasi terhadap sapi pada bulan puasa ini, ia mengatakan, pihaknya tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat yang megusulkan vaksinasi terhadap sapinya.

Mukomuko mendapatkan penambahan sebanyak 1.000 dosis vaksin untuk mencegah virus jembrana pada sapi dari pemerintah provinsi setempat.

Pemerintah Kabupaten Mukomuko sebelumnya telah menerima sebanyak 2.000 dosis vaksin untuk mencegah penyakit jembrana pada sapi dari pemerintah provinsi setempat untuk mencegah penyakit jembrana pada 2.000 ekor sapi milik masyarakat yang tersebar di 15 kecamatan di daerah ini. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *