oleh

Optimis Bangkit dari Keterpurukan Ekonomi

Hj Riri Damayanti John Latief

CacamNian.com, Bengkulu – Pandemi covid-19 telah membuat perekonomian banyak negara tersungkur, tak terkecuali bagi Indonesia. Namun sebagai bangsa yang tangguh dan optimis dalam menghadapi hari esok, Indonesia terus berjuang untuk bangkit mengatasi setiap persoalan dan tantangan.

Demikian itu diungkapkan oleh Senator Muda Indonesia asal Provinsi Bengkulu, Hj Riri Damayanti John Latief mengenai peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang jatuh pada hari ini, Kamis (20/5/2021).

“Harkitnas bukan peringatan biasa, apalagi di tengah pandemi. Harkitnas 2021 adalah perayaan bagi Indonesia untuk lepas dari belenggu ancaman berbagai kesulitan hidup yang mendera dunia di tengah ketidakpastian kapan pandemi corona akan berakhir. Perkuat peran negara sebagai pelayan masyarakat,” kata Hj Riri Damayanti John Latief.

Alumni Psikologi Universitas Indonesia ini menjelaskan, belum diketahui kapan berakhirnya pandemi sementara perekonomian masih belum pulih tak bisa ditampik mendorong munculnya banyak kegalauan dan kegundahan di tengah-tengah masyarakat dunia.

“Lewat momen Harkitnas ini, Indonesia akan membuktikan bahwa bangsa ini tidak mudah kalah dalam melawan pandemi corona. Bahkan ketangguhan bangsa ini telah teruji bukan hanya sejak 113 tahun yang lalu, tapi sejak era Majapahit dan sebelum-sebelumnya,” ujar Hj Riri Damayanti John Latief.

Wakil Bendahara III Ikatan Keluarga Seluma, Manna, Kaur (SEMAKU) ini memaparkan, ada kemiripan antara situasi pandemi masa kini dengan keterjajahan Indonesia masa lalu yang mendorong lahirnya kebangkitan nasional pada 20 Mei 1908 silam.

“Harkitnas dulu dan kini sama-sama menempatkan dokter dalam sejarah besar. Bedanya dokter Soetomo dan kawan-kawan dulu menentang keterjajahan dengan gerakan kebangsaan, dokter-dokter masa kini tantangannya nggak kalah berat, membangkitkan semangat hidup bangsa untuk melawan virus tak terlihat,” sampai Hj Riri Damayanti John Latief.

Ketua Umum Pemuda Jang Pat Petulai (PJPP) ini menekankan bahwa Harkitnas mesti juga mendorong lahirnya kekompakkan, persatuan dan kebersamaan antara pemerintah dan masyarakat serta antara masyarakat itu sendiri untuk bangkit terbebas dari corona.

“Semangat persatuan dan kebersamaan inilah kunci sukses untuk bisa menang lawan pandemi. Kemiskinan diberantas, pengangguran dientas, insya Allah dengan gotong royong tidak akan lama Indonesia akan bangkit keluar dari berbagai krisis yang ditimbulkan oleh pendemi covid-19 ini,” tutup Hj Riri Damayanti John Latief.

Untuk diketahui, berdasarkan pedoman penyelenggaraan Harkitnas yang ke-113 yang dirilis Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), tema Harkitnas tahun ini adalah “Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh!”.

Dalam sambutannya, Menteri Kominfo Johnny G Plate mengingatkan tentang pentingnya semangat untuk bergerak sebagai bangsa, dengan tanpa memandang suku, agama, ras dan golongan mana pun.

“Mimpi kita untuk tancap gas memacu ekonomi dan kemajuan peradaban sebagai simbol kebangkitan bangsa. Menuju Indonesia digital, semakin digital akan semakin maju,” ujarnya secara tertulis pada 7 Mei 2021 kemarin. [MM]

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed