oleh

Digenangi 30 Cm, Warga Tak Terkejut Rumahnya Ladang Banjir

Tampak banjir menggenangi rumah warga.

CacamNian.com, Bengkulu – Hujan yang menerjang Kota Bengkulu pada Senin (18/1/2021) sore hingga malam mengakibatkan banjir di beberapa titik lokasi. Hal ini disampaikan BPBD Provinsi Bengkulu, melalui Kasubid penanggulangan Bencana, Chevy Afandi.

Ia menyebut hujan dengan durasi Hujan Sedang-Lebat ini mengakibatkan beberapa rumah langganan banjir di Kota Bengkulu kembali terendam air. Rumah yang terendam banjir ketinggian hingga mencapai 20-30 cm.

“Hujan mulai Senin (18/01/2021) sore tadi hingga malam ini membuat Kota Bengkulu kembali kebanjiran,” ungkap Kasubid penanggulangan Bencana BPBD Provinsi Bengkulu, Chevy Afandi.

Di tempat yang berbeda salah satu warga yang rumahnya digenangi Air, di Jalan Muhajirin 20, RT 22, RW 03 Kelurahan Padang Nangka, Kecamatan Singaran Pati, mengungkapkan bahwa hujan mulai sore tadi membuat rumahnya kebanjiran.

“Rumah abang cukup tinggi, kalau di sebelah rumah abang sepinggang orang dewasa, dalam rumah lewat betis. Dijalan depan rumah 20-30 cm, belakang rumah lebih dalam lagi,” ungkap Awang, saat dihubungi Media ini.

Hal ini, menurutnya bukan sesuatu hal yang yang mengejutkan, bahkan setiap Hujan Sedang-Lebat, dapat dipastikan ditempat ia tinggal banjir. Dan sangat mengharapkan ada solusi tepat bagaimana ini benar-benar tidak terjadi lagi.

“Kalau dilingkungan kami ini, setiap hujan pasti mendapatkan tamu yang tidak diundang (Banjir), hal ini membuatnya tidak terlalu heran, karena sudah menjadi langganan,” terangnya.

Sebelumnya, berdasarkan catatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hanya dalam kurun waktu 16 hari, sebanyak 136 bencana alam terjadi di Indonesia sejak tanggal 1 hingga 16 Januari 2021 dan telah menelan korban jiwa 80 orang serta luka-luka 858 orang.

Maraknya kejadian bencana tersebut memantik kekhawatiran bagi Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief yang melakukan kunjungan kerja ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bengkulu, Senin (18/1/2021).

“Saya ingin melihat langsung kesiapan Bengkulu dalam menghadapi bencana. Apa-apa kendalanya, apa masalah yang dihadapi, apa ancaman atau bahaya yang kira-kira akan dihadapi dan lain-lain. Alhamdulillah, setelah meninjau langsung, meski ada beberapa keterbatasan, sejauh ini saya lihat Bengkulu cukup siap,” kata Riri Damayanti.

Setelah menginventarisir sejumlah persoalan, Wakil Bendahara III Ikatan Keluarga Seluma, Manna, Kaur berkomitmen untuk menyampaikan kendala-kendala dan masalah yang dihadapi oleh BPBD Kota Bengkulu kepada pihak terkait di pusat.

“Saya selaku anggota DPD juga siap bekerjasama dengan erat untuk mengadakan sosialisasi budaya sadar bencana kepada segenap lapisan warga masyarakat,” ungkap Riri Damayanti. [MM]

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed