oleh

IHPB Umum Nasional di Bulan April Naik

CacamNian.com, Hasil dari pemantauan Badan Pusat Statistik (BPS) pada April 2021, Indeks Harga Perdagangan Besar (IHPB) Umum Nasional naik 0,31 persen atau sebesar 105,86  dari IHPB Maret 2021 sebesar 105,53.

Kenaikan tertinggi terjadi pada sektor pertambangan dan penggalian, yakni sebesar 0,63 persen.

Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief mengatakan, neraca perdagangan harus di genjot kembali. 2022 harus lebih baik lagi.

“Terutama untuk sektor jasa dan perdagangan yang punya potensi besar. Seperti di Kota Bengkulu punya batik besurek, sirup kalamansi, perut punai dan makanan khas Bengkulu yang jumlahnya cukup banyak,” Riri Damayanti mengungkapkan.

Perempuan dengan gelar Putri Dayang Negeri oleh Masyarakat Adat Tapus ini menambahkan, juga berharap adanya penguatan sejumlah komoditas unggulan milik Bengkulu lainnya terutama di bidang agromaritim yang jumlahnya cukup melimpah.

“Buka sebanyak-banyak mungkin pasar ekspor untuk Bengkulu, tingkatkan nilai tambahnya, daya saingnya dan diversifikasinya,” demikian Riri Damayanti.

Diketahui, beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga pada April 2021 antara lain ayam ras, telur ayam ras, sapi, daging ayam ras, daging sapi, rokok kretek dengan filter, dan minyak goreng.

Pada April 2021 sektor Industri merupakan penyumbang andil dominan pada perubahan IHPB yaitu sebesar 0,26 persen.

Adapun IHPB bahan bangunan/konstruksi pada April 2021 naik sebesar 0,32 persen terhadap bulan sebelumnya, antara lain disebabkan oleh kenaikan harga komoditas rangka atap baja, barang dari logam aluminium siap pasang untuk bangunan, kawat dan sejenisnya, besi konstruksi bangunan, dan besi beton.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed