oleh

Sedekah Rp2 Ribu, Walikota Helmi Target 100 Ribu Warga

Cacamnian.com, Kota Bengkulu – Sedekah dalam artian ialah pemberian seorang kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu.

Sedekah ini sifatnya lebih luas dari sekedar zakat maupun infaq. Karena sedekah tidak hanya berarti mengeluarkan atau menyumbangkan harta. Tapi, sedekah mencakup segala amal atau perbuatan baik, seperti dalam sebuah hadits digambarkan, “Memberikan senyuman kepada saudaramu adalah sedekah”.

Jadi, sedekah ini ialah tindakan mulia yang masuk ke dalam salah satu sunnah yang sangat dianjurkan bagi umat Islam. Tak hanya umat islam, umat agama lainnya pun juga bisa dengan maksud ialah ikut andil dalam perbuatan kebaikan kemaslahatan umat, karena hasil sedekah ini nantinya akan disalurkan dalam bentuk apa pun kepada siapa saja yang membutuhkan.

Makna inilah yang saat ini menjadi fenomenal di Kota Bengkulu. Walikota Bengkulu Helmi Hasan paham betul bagaimana memaknai sedekah untuk membantu orang-orang yang membutuhkan. Ia mengajak seluruh jajarannya untuk mengalakkan program baru Pemkot yakni gerakan sedekah Rp 2 ribu/hari.

“Alhamdulillah, target kita ialah 100 ribu orang akan ikut partisipasi dalam hal ini. Jangan dilihat dari Rp 2 ribunya, karena dengan itu tentu kita tidak bisa melakukan bedah rumah, tidak bisa memberikan bantuan ke masyarakat dan lainnya. Tapi, apabila Rp 2 ribu ini dikumpulkan dari 100 ribu orang, tentu totalnya bisa melakukan semua itu, mulai dari bedah rumah, bantu persalinan, biaya berobat, pendidikan dan masih banyak hal lainnya,” ungkap Helmi.

Ia pun sangat ingin seluruh masyarakat Kota Bengkulu bersemangat ambil bagian dalam menebar kebaikan.

“Kita minta semuanya ambil bagian dalam kebaikan. Oleh karena itu, apabila ada yang kesusahan tentu kita dapat bantu melalui sedekah Rp 2 ribu yang kita kumpulkan. Tetapi untuk berapa pun jumlah kita bersedekah itu tak penting, yang penting ialah seberapa keikhlasan kita dalam ambil bagian kebaikan ini,” jelasnya.

Pesan Helmi, untuk bersedekah tak perlu menunggu kaya dan banyak cara lain untuk bersedekah.

“Tak perlu nunggu kaya, cukup masukan Rp 2 ribu ke kotak amal yang telah pemerintah siapkan. Insya allah, setelah itu sedekah yang dikumpulkan akan disalurkan ke Baznas. Kemudian hasilnya ini bisa digunakan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan,” pungkasnya. [adv]

Tak hanya itu, berikut ada beberapa manfaat dari kita melakukan sedekah :

1. Menghindar dari Marabahaya

2. Membuka Pintu Rezeki

3. Memperpanjang Umur

4. Menyembuhkan Penyakit

5. Melipat Gandakan Rezeki

6. Sebagai Naungan di Hari Kiamat

7. Menghapus Dosa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed