oleh

Tujuan dan Manfaat Terbentuknya Posyandu Remaja di Kelurahan Lempuing

CacamNian.com, Kota Bengkulu – Guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahaan dalam memperoleh pelayanan kesehatan bagi remaja untuk meningkatkan derajat kesehatan dan keterampilan hidup sehat remaja.

Sama halnya, Jumat (29/10/2021) sore, bekerjasama dengan Poltekes Kemenkes Bengkulu, Kelurahan Lempuing melalui Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) membentuk pegurus posyandu remaja.

Tujuannya ialah untuk meningkatkan peran remaja dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi posyandu remaja, meningkatkan Pendidikan Keterampilan Hidup Sehat (PKHS). Hal ini diungkapkan langsung Ketua PKK Kelurahan Lempuing Maryati.

“Ini nanti akan menjadi akses dan wadah dalam pemberdayaan masyarakat dalam alih informasi serta keterampilan untuk meningkatkan derajat kesehatan dan ketrampilan hidup sehat remaja,” ungkap Maryati.

Posyandu ini juga mencakup pelayanan maupun pengawasan kesehatan kepada setiap remaja.

“Kita juga ada upaya promotif dan preventif yang meliputi keterampilan hidup sehat, kesehatan reproduksi remaja, pencegahan penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya (NAPZA), gizi, aktivitas fisik, pencegahan penyakit tidak menular dan pencegahan kekerasan terhadap remaja. Selain itu, kita juga sebagai surveillance (pengawasan) dan pemantauan remaja di wilayah sekitar,” tuturnya.

Tak sampai disitu, Kelurahan Lempuing juga ditunjuk menjadi Kampung KB Lempuing

“Nantinya kegiatan-Kegiatan kampung KB ini juga melibatkan mitra yakni pengelola program bangga kencana BKKBN, seperti korlap dan penyuluhan KB, dan tak tak lupa puskesmas Lempuing sebagai pelaksana program remajanya,” pungkasnya.

Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Puskesmas Lempuing, Lurah Lempuing Guri Srihono, Pokja 4 serta mahasiswi Poltekes Kemenkes.[ADV]

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed