PIAUD UIN Bengkulu Gelar Pelatihan Zotero dan Mendeley

Bengkulu– Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah dan Tadris UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu melaksanakan kegiatan Pelatihan Zotero dan Mendeley di Gedung Serba Guna, Rabu (26/01). Kegiatan dihadiri oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Tadris,Dr. Mus Mulyadi, M.Ag, M.Pd, Wakil Dekan III, Dr. Irwan Satria, M.Pd, Sekretaris Jurusan Fakultas Tarbiyah dan Tadris, Adi Saputra, M.Pd, Sekretaris Program Studi Sains dan Teknologi, / PLT. Kaprodi PIAUD Fatrica Syafri,M.Pd.I Koordinator Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Iksir Elya, M.Pd, serta Dosen dilingkungan Fakultas Tarbiyah dan Tadris.

Pelatihan ini diikuti lebih kurang 93 mahasiswa semester 5 PIAUD dan merupakan program kerja HMPS program studi. Dengan adanya kegiatan pelatihan Zotero dan Mendeley ini guna untuk mahasiswa semester 5 sebagai wadah untuk membantu menulis skripsi atau jurnal ilmiah dengan benar.

Sambutan dari Dekan Fakultas Tarbiyah dan Tadris, Mus Mulyadi,M.Ag, M.Pd, mengungkapkan, adanya kesulitan dalam mengelola tempat kegiatan, dengan begitu, untuk kegiatan mahasiswa nanti akan di fasilitasi tempat di berbagai fakultas.

Beliau juga mengatakan, Banyak sekali aplikasi-aplikasi yang membantu dalam menyusun karya ilmiah, jurnal dan juga karya ilmiah lainnya. Dan aplikasi ini sangat mempermudah dalam proses pengerjaan.

“Kami menyambut baik dengan adanya pelatihan ini, karena kita sebagai masyarakat ilmiah.   Oleh karena itu mahasiswa silahkan melakukan berbagai macam kegiatan, dengan mengkoordinasikan bersama Koordinator prodi dan jurusan.

Mahasiswa nanti bisa mencari referensi atau bahan ,sehingga terhindar dari plagiasi atau bahan yang tidak berkualitas. Dengan kita mendeley dengan mengambil bahan dari jurnal, dengan teknik skopus. Agar kita tidak menemukan kesulitan dalam menulis”. Ungkap Dekan.

Dekan juga menyatakan, perubahan pejabat dilingkungan kampus merupakan hal yang biasa apa lagi ada peralihan dari IAIN ke UIN sehingga ortaker dan jajaran pejabat pun ikut ditotasi.

“Di Fakultas Tarbiyah sudah ada perubahan dari sisi struktur dan itu adalah hal yang biasa apalagi kita baru peralihan dari iain ke uin dan saya sudah 2 Minggu menjabat di fakultas tarbiyah sebelumnya di LPPM. Kepada mahasiswa nanti akan banyak sekali kegiatan, dengan Koordinasj dengan Kepala Prodi dan Jurusan , kami memberikan kesempatan bapak ibu yang ada di Fakultas agar dapat memajukan kompetensi di Fakultas Tarbiyah”. Sebutnya.

“Saya harap nanti jika ada kegiatan apapun itu di wilayah Fakultas Tarbiyah ,mohon panitia memberi aturan agar menggunakan almamater,” tambah dekan

Oleh karena itu mahasiswa mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, dan ini merupakan wadah untuk membantu mahasiswa agar kualitas hasil tulisan nanti akan lebih baik. Kita punya dorongan untuk melakukan berbagai kegiatan, kami selalu mendukung kegiatan yang positif , sehingga nanti bisa bermanfaat untuk kedepan”. Kata beliau.

Dekan juga mengajak seluruh civitas akademika dan mahasiswa bisa bekerjasama, saling mendukung untuk kemajuan Fakultas Tarbiyah dan Tadris UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

Kemudian, sambutan PLT. Kaprodi PIAUD,/ sekretaris Program Studi Sains dan Teknologi, Fatrica Syafri,M.Pd,I. Memaparkan bahwa kegiatan ini sangat penting yang harus diikuti oleh mahasiswa semester 5.

“Saya harap dengan banyaknya kegiatan didalam program studi ini bisa mengunggulkan akreditasi prodi PIAUD. Apalagi perkembangan kegiatan ini berbasis keprodian. Tentunya ini bertujuan untuk memperkuat UIN yang berkembang,” paparnya.

Koordinator Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Iksir Elya, Mengungkapkan , beliau ikut berkolaborasi dan bekerjasama dengan dosen PIAUD dalam hal kegiatan yang berkaitan dengan prodi.

“Semoga dengan pelatihan ini menjadi bekal mahasiswa untuk menyusun skripsi atau artikel. Aplikasi ini sangat penting dan berguna, kegiatan yang bagus yang berbasis aplikasi Zotero dan Mendeley,” kata Iksir.[ADV]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.