Malam Pertama Ramadhan di Baitul Izzah, Gubernur Sampaikan Esensi Puasa Ditinjau Ilmu Kesehatan

 

CacamNian.com – Bertempat di Masjid Raya Baitul Izzah Provinsi Bengkulu pada tadi malam (Sabtu malam Ahad, 2/4/2022) Gubernur Provinsi Bengkulu DR. drh. H. Rohidin Mersyah, MMA menyampaikan kultum Ramadhannya esensi puasa ditinjau ilmu kesehatan.

Dalam penyampaian ceramahnya, Gubernur Bengkulu ke-10 ini mengatakan, pentingnya kesehatan, keberkahan hidup dan kebutuhan kesehatan dari esensi dan makna dari ibadah puasa di Bulan Suci Ramadhan.

“Jadi esensi makna Ramadhan sangatlah memberikan manfaat kesehatan terutama kesehatan fisik, boleh dibuktikan. Mayoritas kalangan fajar kesehatan baik dokter dan ahli farmasi kesehatan memberikan kesimpulan bahwa memang Alhamdulilah ada keberkahan tersendiri dan hikmah besar dari perintah Allah SWT shaum atau puasa Ramadhan ini baik ditinjau dari ilmu kesehatan, agama, sosial dan lainnya,” ujar Gubernur Rohidin tadi malam, Sabtu malam Ahad (2/4).

Ditambahkan Rohidin Putra Daerah asli aset Bengkulu Selatan jebolan alumni Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (IPB) ini bahwa, dasar shaum itu maknanya menahan, menahan disini menahan dari segala yang bisa merusak pahala puasa. Secara keilmuan kesehatan kembali bahwa sehat batiniah, toksin hati, dan kesejukan qolbu (hati) ada semua dalam esensi dan makna dari seorang hambanya yang menjalankan ibadah puasa dibukan suci Ramadhan ini.

“Sifat-sifat buruk seperti iri hati, dengki, su’udzhon (perasangka buruk) dan sifat hewaniyah lainnya yang bisa merusak esensi ibadah puasa Ramadhan kita, hendaknya berupaya kita buang jauh-jauh, jika hal ini kita realisasikan dalam hidup kita Insya Allah akan membawah keberkahan bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat Provinsi Bengkulu untuk menjadi sosok regenerasi muslim sejati yang mengedepankan etika dan mewujudkan Islam rahmatan lil’alamin,” tutupnya dengan penuh taujihnya.

Alhamdulilah antusias jama’ah dari berbagai penjuru sangat terlihat dimalam pertama menunaikan ibadah sholat Isya, Tarawih dan Witir di Masjid Raya Baitul Izzah Provinsi Bengkulu dalam menyaksikan secara langsung tausyiah agama melalui mimbar ‘Kultum Ramadhan’ disampaikan orang nomor satu di Bumi Rafflesia (DR . drh. H . Rohidin Mersyah,MMA) dengan turut serta dihadiri juga Kepala Biro Kesra Pemprov Bengkulu, segenap Tim Humas Protokol Pemprov Bengkulu, pengurus Masjid Raya Baitul Izzah Provinsi Bengkulu dan Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang juga Ketua Umum Masjid Raya Baitul Izzah 2022-2025 Ustadz DR. H. Dani Hamdani,M.Pd dan sejumlah Jurnalis dari berbagai Media se-Provinsi Bengkulu juga turut serta mensukseskan memakmurkan Masjid Raya Provinsi Bengkulu ini.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.