by

Banjir Di Bengkulu Kian Meluas dan Merendam Beberapa Kecamatan

Banjir di Bengkulu kian meluas dan ada 4.550 warga di empat kabupaten kota yang terandam banjir. Bencana banjir di Bengkulu tersebar di 18 kecamatan. beberapa kecamatan diantaranya, Kota Bengkulu 5 kecamatan, Kabupaten Seluma 8 kecamatan, Bengkulu Selatan 1 kecamatan dan Bengkulu Tengah 4 kecamatan.

Banjir Menerjang Bengkulu dan Merendam Pemukiman Warga (Sumber Foto)

Baca Juga:Pemprov Bengkulu Apresiasi Murokaz 

Banjir Di Bengkulu Kian Meluas dan Merendam Beberapa Kecamatan

Data mencatat, Banjir melanda 5 kecamatan di Bengkuku yang tersebar di 22 kelurahan diantanya Kecamatan Muara Bangkahulu 7 kelurahan, Sungai Serut 6 kelurahan, Ratu Agung 4 kelurahan, Selebar 3 kelurahan dan Kampung Melayu 2 kelurahan.

Namun tidak hanya pemukiman warga, banjir juga merendam sarana ibadah, pendidikan dan perkantoran. Seperti 6 unit masjid, 2 bangunan sekolah dan 2 kantor lurah.

Kepala Bidang Tanggap Darurat BPBD Provinsi Bengkulu saat ini sudah mendirikan 5 posko kesehatan dan 2 pos dapur umum di Kota Bengkulu. Selain itu, kondisi terkini banjir di dua kecamatan sudah berangsur surut yakni Selebar dan Kampung Melayu.

Terdapat data tambahan yaitu 7 kelurahan yang baru terdata dan terdampak banjir. Oleh karena itu upaya penanganan BPBD Kota Bengkulu dan BKSDA pun dilakukan dengan membantu mengevakuasi warga terdampak banjir.

BPBD Kota Bengkulu juga mendirikan tenda posko bantuan logistik bahan pangan, mendirikan pos dapur umum di kantor BPBD dan dinas sosial.
Sementara itu mengakibatkan sebanyak 2.517 KK terkena dampak. Ada 2.440 unit rumah terendam banjir yang tersebar di 8 kecamatan. Selain itu, terdapat 4 fasilitas umum terendam.

Banjir yang merendam sejumlah permukiman warga di Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu, mulai surut. Sejumlah warga terdampak banjir, kini mulai membersihkan rumah dari lumpur dan sampah sisa banjir yang merendam permukiman mereka.

Banjir yang  melanda Kota Bengkulu hingga kedalaman 3 meter saat ini berangsur surut. Menurut warga Kelurahan Rawa Makmur Kota Bengkulu, permukiman mereka merupakan langganan banjir setiap hujan turun dengan intensitas tinggi.

Daerah ini, merupakan daerah yang berada tak jauh dari aliran sungai Bengkulu. Warga berharap adanya langkah dari pemerintah untuk mengatasi banjir.

Banjir merendam pemukiman dan jalan di Bengkulu

Baca juga: Rektor UIN Bengkulu

Pemerintah Bengkulu Evakuasi Korban Banjir yang meluas di Bengkulu

Setelah itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu menyebutkan Banjir Di Bengkulu yang kian meluas dan merendam beberapa Kecamatan.

Banjir ini menyebabkan sebanyak 4.550 rumah warga yang berada di beberapa wilayah terdampak banjir cukup parah.

Beberapa wilayah tersebut yaitu sebagian wilayah di Kota Bengkulu, Kabupaten Seluma, Kabupaten Bengkulu Tengah dan Kabupaten Bengkulu Selatan.

Sementara itu, terdapat akes jalan yang rusak akibat banjir yang menerjang di Bengkulu. Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah akan segera memperbaiki beberapa titik jalan rusak yang terjadi akibat banjir dan tanah longsor yang berada di Provinsi Bengkulu.

Oleh sebab itu Pemerintah mengambil langkah cepat dalam evakuasi dan akomodasi dapat berjalan dengan cepat. Pihak Pemerintah Bengkulu pun menjelaskan telah berkoordinasi dengan Balai Pengelolaan Jalan Nasional (BPJN) guna mengatasi permasalahan jalan rusak tersebut.

Empat titik yang mengalami kerusakan jalan akibat banjir dan tanah longsor beberapa waktu lalu yaitu di Kabupaten Seluma tepatnya di jalan Bengkulu menuju Manna Bengkulu Selatan tepatnya di Desa Sendawar Kecamatan Semidang Alas Maras.

Kemudian di Kabupaten Bengkulu Selatan tepatnya di Desa Batu Bandung Kecamatan Pino, Desa Bandar Agung Kecamatan Ulu Manna dan Desa Kayu Ajaran Kecamatan Ulu Manna.

Selain memperbaiki jalan yang rusak, pihaknya juga akan melakukan evaluasi terkait pengelolaan kawasan hutan lindung yang berada di hulu sungai.

Baca Juga: Penetapan 40 Tersangka Pencurian TBS Kelapa Sawit

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.